Gelombang baru tengah mengguncang dunia K-pop. TUIDE secara resmi melakukan debut dengan EP pertama mereka, TUNE & PLAY, memperkenalkan grup gadis beranggotakan tujuh orang ini beserta gaya musik yang mereka sebut sebagai “Soultronic”.
TUIDE adalah artis pertama yang debut di bawah naungan ABD, label baru di bawah HYBE MUSIC GROUP. Grup ini beranggotakan SEOHEE, SEOYEON, ELENA, JIA, SAKI, SEAH, dan YI HANI.
Mengambil nama dari frasa “Tune the tide”, proyek debut TUIDE menandai awal perjalanan para anggota saat mereka menyatukan identitas musik masing-masing.
Lagu utama dalam album berisikan lima lagu ini adalah ‘SUN KISS’, sebuah lagu ceria yang memadukan melodi berinspirasi soul dengan tekstur elektronik. Dibangun di atas melodi utama yang santai dan ritme dinamis, lagu ini berfokus pada kepercayaan pada suara diri sendiri dan bergerak mengikuti irama sendiri, alih-alih mengikuti standar orang lain.
Video musik yang menyertainya membawa TUIDE ke Islandia untuk perjalanan darat melintasi lanskap dramatis negara tersebut. Dimulai dengan sebuah van kemping yang melintasi medan hitam, visual ini mengikuti ketujuh anggota grup melewati desa-desa, air terjun, dan pantai pasir hitam.
Penampilan grup ini juga menekankan individualitas daripada sinkronisasi konvensional, dengan formasi yang berubah-ubah menyatukan ketujuh anggota sekaligus memungkinkan gerakan khas masing-masing tetap terlihat.
Selain ‘SUN KISS’, TUNE & PLAY juga menampilkan ‘ABD’, ‘Echo’, ‘Flip-Flop Girl’, dan ‘GRLS’. Duo produser asal Korea Selatan, GroovyRoom, menangani produksi kelima lagu tersebut. EP ini memperkaya identitas “Soultronic” TUIDE dengan unsur-unsur R&B, house, dan UK garage, serta tekstur unplugged dan pengaruh musik alternatif.
Menjelang debut resmi mereka, TUIDE memperkenalkan diri melalui video Meet my GRLS, TUIDE, yang menampilkan penampilan lagu ‘GRLS’. Menurut pengumuman grup tersebut, video tersebut masuk dalam 10 besar Spotify Global Music Video Chart selama dua minggu berturut-turut.
TUIDE juga menggelar showcase debut mereka di Seoul pada 24 Agustus, bertemu dengan para penggemar untuk pertama kalinya saat mereka secara resmi memulai perjalanan mereka sebagai sebuah grup.
Like what you read? Show our writer some love!
1
